Jenis Musik Dalam Teater

Jenis Musik Dalam Teater

Jenis Dan Fungsi Musik Dalam Teater – Musik yang ada dalam pertunjukan teater pada dasarnya hanya sebagai “penguat” sebuah cerita yang terdapat pada naskah pada slot sering menang. Namun kenyataannya musik dalam teater bisa berfungsi lebih dan berperan cukup penting untuk kelangsungsan pertunjukan teater.

 

Menurut Sukanta (1996) dalam tulisannya tentang Musik Teater yang dicetak pada jurnal “Kawit” menyatakan bahwa terdapat beberapa fungsi tentang tentang peranan musik sebagai ilustrasi pada pertunjukan teater, yaitu :

 

Musik Pembuka (Overture)

 

Musik ini berfungsi untuk memusatkan perhatian para penonton pada pertunjukan yang akan disajikan sekaligus memberitahu jika pertunjukan Daftar Slot Online akan segera dimulai. Oleh karena itu , komposisi dari musik pembuka harus dapat menarik perhatian penonton.

Musik Penutup

Musik yang berfungsi untuk memberitahu para penonton bahwa pertunjukan telah selesai. Jenis musik ini mungkin memiliki kesamaan dalam bentuk komposisinya dengan musik pembuka atau dengan musik lainnya.

Musik Pergantian Babak

Setiap pergantian babak atau set dalam pertunjukan teater biasanya selalu diiringi oleh komposisi musik yang relatif pendek. Kehadiran musik ini berfungsi untuk menjaga stabilitas emosi penonton dalam menghantarkan suasana ke babak selanjutnya, selain berfungsi juga sebagai persiapan pada aktor dan stage crew.

Musik Ilustrasi

Musik yang berfungsi untuk menggambarkan suasana hati aktor dalam penokohan yang ada dalam cerita pada babak atau adegan tertentu.  Komposisi musik ini harus tepat dan dapat membantu aktor dalam mengungkapkan ini hatinya.

Musik Soundtrack

Sebuah komposisi musik yang biasanya berbentuk lagu atau nyanyian dengan teks yang tema dari lagu atau nyanyian tersebut menjadi tema utama atau pokok dalam cerita.

Musik Theme Song

Musik Theme Song adalah musik yang diilhami oleh tema-tema penting dalam sebuah cerita. Musik ini bisa membawakan beberapa karakter sesuai dengan tema adegan pada suatu cerita.

Musik Penokohan

Musik yang biasanya muncul secara khusus sebagai ciri khas dari kemunculan seorang tokoh dalam pertunjukan. Musik ini harus bisa menjelaskan dan menggambarkan tokoh yang muncul sehingga para penonton tahu bahwa dengan dimainkannya musik tersebut berarti akan muncul tokoh yang menjadi ciri daripada musik tersebut.

Musik Aksentuasi

Musik yang berfungsi untuk memperjelas maksud dari gerakan aktor. Walaupun kenyataannya tidak ada bunyi yang jelas di setiap gerakan manusia , misalnya ketika dalam sebuah cerita seseorang dikisahkan memukul lawannya, untuk memperjelas gerakan tersebut maka dipertebal dan diperjelas melalui musik aksentuasi.

Musik Setting

Musik yang berfungsi untuk mengungkapkan tempat dan waktu terjadinya suatu peristiwa dalam pertunjukan. Semisalnya peristiwa malam hari disebuah hutan atau disuatu pedesaan, musik mempunyai peranan untuk mengungkapkan keadaan tersebut secara auditif melalui bunyi-bunyi asosiatif tentang suasana tersebut.

Musik Pelebur

Musik pelebur memiliki arti menghancurkan atau membuyarkan emosi para penonton yang telah terbawa oleh adegan-adegan sebelumnya, kemudian dilebur secara sengaja agar penonton sadar bahwa yang mereka lakukan hanyalah sebuah sandiwara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *