Sebagai negara kepualuan, Indonesia dikenal dengan keberagaman suku maupun budayanya. Setiap daerah pasti memiliki keunggulan dan tradisi di setiap masing-masing daerah, begitu juga dengan kesenian yang mencakup musik maupun tari. Instrumental musik merupakan salah satu hal penting dalam sebuah budaya. Selain itu, Indonesia juga memiliki alat musik yang khas dan terdiri dari berbagai macam bunyi, bentuk, hingga cara memainkannya. Sebagai generasi muda, tentu kita harus mengenal musik tradisional yang sudah mendunia. Penasaran? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Alat Musik Instrumental Tradisional Terbaik yang Sudah Mendunia

1. Sasando

Sasando ialah salah satu alat musik khas daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini memiliki makna bergetar atau berbunyi. Sasando sendiri dimainkan dengan cara dipetik, seperti Harpa. Suara yang dihasilkan alat musik instrumental ini tidak kalah indah dari alat myusik serupa, seperti layaknya harpa maupun kecapi.

2. Kendang

Instrumen ini sudah sering kalian dengarkan dan jumpai. Di mana alat musik ini berasal dari Sunda dan sebagain menyebutnya sebagai Jawa Timur dan Sunda. Alat ini sering digunakan sebagai pengiring tarian tradisional, tetapi juga memainkannya di dunia kancah musik modern, seperti jazz dan kontemporer.

3. Gamelan

Selanjutnya adalah jenis alat musik tradisional yang berasal dari provinsi jawa Tengah. Cara memainkan alat musik satu ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul. Kata gamelan ini sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang memiliki arti memukul ataupun menabuh, yang diikuti dengan akhiran yang menjadikan kata benda.

Alat musik ini terdiri dari himpunan alat musik, seperti kendang, bonang burung, bonang penerus, demung, rebab, dan saron. Orkes ini terdapat di pulau jawa, Madura, Bali dan Lombok yang mana jenis ukuran dan bentuk juga beragam.

4. Kolintang

Berikutnya adalah alat musik yang berasal dari Minahas, Sulawesi Utara. Permainan alat musik oinstrumental ini pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009 silam. Di mana tercatat 3.011 orang memainkan alat musik bambu ini dan 1.223 orang memainkan Kolintang massal di Stadion Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

5. Serune Kale

Serune Kale merupakan alat musik tradisional yang telah lama berkembang dan dihayati masyarakat Aceh. Alat musik ini populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar, maupun Aceh Barat. Alat musik ini juga dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara hiburan, tarian, maupun penyambutan tamu kehormatan. Bahan dasar Sarune Kale berupa kayu, kuningan, dan juga tembaga. Alat musik ini juga menyerupai seruling bamboo. Warna dasar hitam yang berfungsi sebagai pemanis ataupun penghias sebuah musik tradisional.

6. Tifa

Dan yang terakhir adalah salah satu alat musik tradisional Indoensia ini berasal dari Maluku dan Papua. Alat musik ini dimainkan saat menggelar upacara adat, pertunjukan musik ataupun pementasan tari tradisional. Bahan dasar alat musik ini dari kayu yang dilubangi pada bagian tenga dengancara memainkannya melalui memukul bagian ujung tifa yang mendengarkan bagaimana bunyi yang dihasilkan. Bentuk alat musik ini cukup menghasilkan suara unik dan indah sehingga banyak turis tertarik menjadikan oleh-oleh ketika hendak dari Maluku maupun papua.

Itu dia 6 daftar alat musik instrumental terbaik Indonesia yang mana musiknya sudah mendunia. Dari jenis alat musik instrumental Indonesia yang mendunia di atas, jenis alat musik apa yang bisa kalian mainkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *