Lenong merupakan salah satu kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi dang dibawakan dalam dialek Betawi. Dialek Betawi ini merupakan anak bahasa Melayu yang digunakan oleh para masyarakat Betawi. Kesenian budaya satu ini akan kalian temukan di Jakarta, Indonesia. Lenong ii sendiri telah berkembang sejak akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20 yang diadaptasi oleh masyarakat Betawi atas kesenian serupa. Lenong ini berkembang dari proses teaterisasi musik gambang kromong dan sudah menjadi tontonan yang sudah dikenal sejak tahun 1920-an.

Dimana lakon-lakon lenong ini juga telah berkembang dari lawakan tanpa alur cerita yang digunakan hingga menjadi sebauh pertunjukan semalam suntuk dengan lakon panjang dan utuh. Lenong sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu lenong denes dan juga lenong preman. Untuk mengiringi teater Betawi atau lenong ini menjadi meriah hadir juga beberapa instrumen alat musik yang harus kalian ketahui keberadannya. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Jenis Instrumen Betawi yang Ada Dalam Lenong

1. Gambang Kromong

Daftar instrumen alat musik yang pertama ini merupakan jenis alat musik tradisional yang bernama Gambang. Dimana gambang ini terdiri dari 18 bilah bambu yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini juga digunakan dalam kesenian gambang kromong yang ada di Betawi. Dimana alat musik Betawi ini merupakan sebuah orkes khas Betawi yang memiliki manfaat beberapa alat musik tradisioanl. Uniknya alat musik ini merupakan pertunjukan yang memiliki nama lain, yaitu tradisi Cina Banteng. Nama tradisi ini juga diambil karena gambang kromong merupakan salah satu bukti perpaduan selaras antara etnis pribumi dengan Tionghua. Alat musik ini juag menjadi salah satu saksi sejarah yang perlu dilestarikan keberadannya. Pertunjukan gambang kromong ini menjadi salah satu alat musik yang masih digunakan hingga saat ini dalam acara tertentu.

2. Gong

Selanjutnya adalah salah satu alat musik betawi yang dimainkan dengan cara dipukul dan sudah terkenal di Asia Tenggara dan juga Asia Timur. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul pada permukaan depannya yang menonjol. Saat menggunakan alat musik ini, suara khas yang dihadirkan musik ini juga akan memberikan nilai tersendiri bagi para pendengarnya. Alat musik ini tidak hanya mengiringi pertunjukan teater Betawi saja, melainkan acara upacara kematian hingga acara perkawinan adat.

3. Kendang

Berikutnya adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat yang sudah menjadi salah satu fungsi pengatur irama. Dimana instrumen ini dimainkan dengan menggunakan tangan tanpa alat bantu. Untuk memainkan musik ini kalian bisa memukul pada bagian sisi ujung dari alat musik ini. Memang terlihat mudah, untuk ketukan yang digunakan juga berbeda-beda dengan yang lain. Dari sinilah keseimbangan sebuah alunan musik dan bilai estetika suara akan muncul.

4. Suling

Dan yang terkahir adalah salah satu alat musik yang teruat dari bahan kayu ataupun bambu yang dimainkan dengan cara ditiup. Suara yang dihasilkan alat musik ini juga cukup lembut dan bisa dipadukan dengan alat musik lainnya yang baik. Suling ini biasnaya terbuat dari bahan perak, emas, atau campuran antara keduanya.

Nah itu dia beberapa alat musik yang ada untuk mengiringi sebuah acara lenong yang sudah menjadi kesenian budaya Betawi di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *