Instrumen alat musik Betawi ini telah memperoleh pengaruh yang kuat dari beberapa sejumlah etnis yang ada di Tionghua, Arab, India, Sunda, dan beragam etnis lainnya. Dimana sejumlah alat musik Betawi ini wajib kalian ketahui. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Alat Musik Instrumen Betawi yang Perlu Kalian Ketahui!

1. Rebana

Daftar yang pertama ini meripakan salah satu instrumen musik yang dimainkan dari suku Betawi yang ada tiga macam. Rebana ini berbentuk besar dan terdiri dari tiga buah rebana yang paling kecil bergaris tengah sebesar 30 cm dan diberi nama gendang. Instrumen ini  juga dimainkan saat mengiringi sebuah lagu. Rebana hadro memiliki ukuran sebesar 25 hingga 35 cm yang terbuat dari bahan kayu yang terdapat tiga pasang lingkaran logam yang berfungsi sebagai kecrek. Rebana ini juga memiliki fungsi sebagai hiburan yang terdiri atas tiga instrumen yang memiliki peran sebagai pengiring.

2. Kromong

Selanjutnya adalah instrumen alat musik yang termasuk bagian dari orkes Gambang Kromong yang memiliki bentuk 10 buah gong yang terbuat dari perunggu atau kuningan yang telah disusun dua baris dalam sebuah rak kayu. Dimana rak ini terdapat kotak kecil untuk menaruh gong dengan bagian bawah yang dipasang dengan tali penyangga. Setiap baris berisikan lima buah gong dengan alunan nada yang indah. Alat musik Betawi ini dimainkan bersama dengan baris luar dan dalam yang menggunakan dua buah kayu lonjong.

3. Gong

Gong terbuat dari bahan kuningan atau perunggu yang memiliki bentuk lingkaran dan bagian tengah yang menonjol. Instrumen ini memiliki bentuk yang berada di sekitar 85 cm sebagai penentu irama dasar yang berfungsi sebagai pembatas ritme melodi. Ukuran alat musik ini relatif besar, maka biasanya akan digantung.

4. Kecrek

Kecrek merupakan alat musik instrumen yang terbuat dari dua hingga empat lempengan yang berbentuk logam tipis yang disusun  diatas sebuah papan kayu. Dimana instrumen ini memiliki fungsi sebagai pengatur irama yang mana jika kalian ingin memperoleh efek bunyi tertentu, kalian bisa melakukannya dengan cara dipikul menggunakan palu khsusu atau tongkat kayu pendek hingga menghasilkan suara.

5. Ningnong

Berikutnya adalah salah satu instrumen yang berbentuk dua buah piringan logam perunggu atau kuningan yang berdiameter sebesar 10 cm. Dimana alat musik ini ditempatkan pada sebuah bingkai kayu bertangkai satu . Cara membunyiak alat musik ini juga dengan cara dipukul menggunakan tongkat besi kecil secara bergantian dari kiri ke kanan maupun sebaliknya.

6. Kongahyan, Tehyah, dan Sukoh

Dan yang terakhir adalah alat musik instrumen Betawi yang dimainkan dengan cara digesek menggunakan tongkat bersenar plastik. Dimana alat musik ini terdiri atas resonator dan tempurung kelapa yang dibelah dan dilapisi dengan kulit tipis, tiang kayu yang berbentuk bulat oanjang dan purilan atau alat penegang dawai. Alat musik ini juga menghasilkan nada liuh yang sangat nyaman untuk didengarkan.

Ini dia 6 daftar alat musik yang wajib kalian nikmati dengan berbagai performa alunan nada merdu yang nikmat untuk didengarkan. Yuk dengarkan dan mainkan alat musik yang ada di atas ini dan dengarkan alunan musik instrumen Betawi yang ada ini. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *