Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan beragam nilai budaya. Di mana dari ragam bahasa, budaya, serta adat istiadat. Semua elemen yang berhasil menciptakan kesenian adat yang menggambarkan setiap daerah yang ada di Indonesia. Jika berbicara mengenai kesenian, adat, rasanya tidak mungkin melewatkan alat musik tradisional Indonesia ini. Di mana beragam alat musik tradisional seharusnya dilestarikan dan dibanggakan oleh seluruh penduduk yang ada di Indonesia. Untuk bisa memperkenalkan serta melestarikan alat musik tradisional Indonesia, kali ini kami akan membagikan beberapa daftar alat musik yang harus kalian ketahui.

Instrumen Musik Indonesia yang Wajib Kalian Ketahui

1. Gong

Gong merupakan salah satu alat musik tardisional yang berasal dari Jawa Tengah. Alat musik ini termasuk ke dalam alat musik idiofon yang dapat menghasilkan suara dari berbagai getara keseluruhan yang ada pada alat musik itu sendiri.

2. Rebab

Selanjutnya ialah alat musik tradidional yang berbentuk seperti busur panah yang dinamakan sebagai Rebab. Rebab ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Kalian bisa memainkan alat musik dengan cara digesek, layaknya sebuah alat musik biola.

3. Kecapi

Alat musik ini termasuk sebagai instrumen musik kordofon. Dimana alat musik ini dapat mengeluarkan sebuah suara yang berasal dari sebuah senar ataupun dawai. Kecapi ini juga merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam sebuah Tembang Sunda ataupun Mamaos Cianjuran dan juga Kecapi Suling. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipetik pada setiap bagian senarnya.

4. Kolintang

Istrumen musik tradisional yang satu ini berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara yang memiliki bentuk segiempat trapesium yang mana bilah-bilah kayunya berukuran berbeda. Setiap bilah kayu pada musik ini akna mampu menghasilkan sebuah suara yang berbeda jika dipukul. Kolintang ini juga merupakan alat musik idiofon yang karena mengeluarkan suara dari getarannya sendiri.

5. Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional asal jawa Timur yang terbuat dari bahan kuningan. Alat musik ini juga biasanya digunakan untuk memperingati sebuah upacar adat setempat. Bonang juga merupakan salah satu jenis alat musik asli Indonesia yang digunakan sebagai pagelaran gamelang.

6. Angklung

Berikutnya adalah alat musik tradisional yang pastinya sudah sering sekali digunakan dan didengar. Di mana cukup banyak musisi ternama yang menggunakan angklung sebagai layaknya sebuah orkestra. Instrumen ini terbuat dari bahan bambu, yang bisa kalian mainkan dengan cara menggoyangkan sampai bambu ini mengeluarkan sebuah suara akibat adanya getaran.

7. Lalove

Lalove ialah alat musik tradisional di Indonesia yang tepatnya berasal dari Sulawesi tengah. Alat musik ini terbuat dari bahan bambu yang di mana membuat alat musik ini disamakan dengan sebuah suling. Latove merupakan salah satu alat musik yang sakran, di mana tidak semua orang dapat memainkan alat musik ini. Biasanya instrumen musik ini juga digunakan mengiringi tarian tradisional Balia yang merupakan sebuah ritual penyembuhan suku Kaili yang berada di Sulawesi Tengah.

Nah itu dia 7 daftar instrumen musik tradisional terbaik di Indonesia. Yuk mainkan dan dapatkan bebragai iringan musik yang indah serta menarik dari alat instrumen ini. Sekian musik ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *