Instrumen meusik merupakan sebuah alat yang dimainkan untuk dapat menghasilkan suara atau nada yang indah. Dan tahukah kalian? baik memepelajari ataupun mendengarkan instrumen musik memiliki beragam manfaat yang akan kalian peroleh. Instrumen musik baik modern maupun tradisional akan memberikan berbagai nada yang nyaman didengarkan apabila dimainkan dengan baik. Nada-nada ini akan mengirimkan suatu pesan tersirat bagi para pendengarnya. Selain kalian akan mendapatkan manfaat menumbuhkan kreatifitas, melatih konsentrasi, serta memberikan efek relaksasi, terdapat juga beragam jenis alat musik yang mudah kalian pelajari. Simak daftar lengkpnya di bawah ini.

Instrumen Musik yang Mudah di Pelajari Oleh Pemula

1. Marakas

Daftar pertama instrumen musik yang mudah dipelajari adalah marakas. Marakas pada zaman dahulu merupakan alat musik yang merangkap sebagai sarana penyembuhn di berbagai prosesi ritual di seluruh wilayah Afrika, Karibia, sampai Amerika Sleatan. Di era sekarang ini, instrumen musik ini digunkan sebagai bagian aransemen musik reggae. Cara memainkannya juga mudah, di mana setelah memilih dua buah marakas kalian dapat mengayunkan pergelangan tangan secara cepat ke bawah dan ke atas. Kalian juga dapat menambahkan kecepatan walau tetap mempertahankan posisi kepala instrumen tegal lurus. Selain itu, kalian juga bisa mengaransemennya dengan mengimprovisasi tempo serta volume.

2. Harmonika

Harmonika merupakan salah satu alat musik yang ditemukan pada abad ke-18 oleh Christian Friedrich Buschmann. Terdapat informasi, bahwa harmonika adalah alat musik tradisional dari negara Cina yang di beri nama dengan sebutan “sheng”. Instrumen ini dimainkan dengan cara di tiup sederhana yang terdiri dari pelat-pelat getar logam yang disusun secara horizontal. Alat musik ini berukuran kecil dan praktis atau mudah dibawa kemana-mana. Harmonika ini juga mampu memberikan efek yang menenangkan juga.

3. Triangle

Selanjutnya adaalah alat musik ritmus dan tak bernada yang dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya. Cara memainkan alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan stik berukuran kecil yang terbuat dari bhan besi. Instrumen ini cocok digunakan sebagai alat pelengkap bila kalian tengah membentuk grup bermusik dengan teman-teman kalian.

4. Tamborin

Tamborin merupakan salah satu instrumen musik di abad ke-19 yang paling banyak diikusertakan dalam berbagai pertunjukan musik guna menambah warna suara. Alat musik ini memiliki desain yang sederhana, berbingkai bahankan kayu bundar yang dilengkapi dengan membran pelapis yang terbuat dari kulit dapi yang dibalut dengan lempengan besi untuk dapayt menghasilkan bunyi yang gemerincing. Cara memainkn alat musik ini dengan cara dipukul ataupun digoyangkan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipegang secara vertikal dan digoyang menggunakan saalah satu tangan.

5. Suling

Dan yang terakhir adalah alat musik tradisional Indonesia yang dimainkan denagn cara ditiup pada salah satu ujungnya. Instrumen ini berbahan dasarkan sebagai bambu yang memiliki 6 hingga 7 lubang. Walau begitu, kalian hrus belajar membaca not terlebih dahulu, not suling ini bertuliskan angka disertai titik. Untuk kalain yang ingin membeli suling, kalian harus memperhatikan umur serta kekerasan bambunya. Karena hal ii akan menentukan kualitas suara yang akan dihasilkan.

Nah itu dia 5 daftar instrumen musik yang mudah dipelajari dan tidak perlu repot untuk bermain instrumen musik ini. Ciptakan alunan nada musik yang merdu dengan menggunakan alat musik yang kami bagikan di atas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *