Alat musik hadir dengan berbagai jenis macam variannya. Dimana alat musik instrumen yang paling sering kita jumpai ialah gitar, drum, piano, dan alat musik populer lainnya. Dan seperti yang kita tahu bahwa alat musik yang berbentuk aneh memiliki suara yang khas. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan beberapa daftar instrumen alat musik yang hadir di belahan dunia dengan bentuk yang aneh dan unik ini. Penasaran? Simak lengkapnya berikut ini.

Instrumen Alat Musik Unik di Belahan Dunia

1. Balalaika Contrabass

Daftar yang pertama ini merupakan jenis instrumen yang ada di tengah masyarakat Rusia yang populer pada akhir abad ke-17. Instrumen alat musik ini sendiri tergolong unik, dan tidak seperti jenis alat musik petik lainnya. Alat musik ini sendiri memiliki bentuk segitiga. Pada umumnya alat musik ini memiliki tiga senar, walau ada yang menggunakan empat senar. Di mana instrumen ini dimainkan dengan menggunakan jari seperti alat musik petik lainnya. Tidak hanya itu, alat musik ini juga dilengkapi dengan ekstensi kaki yang diletakkan di lantai. Dimana instrumen ini dibuat dengan berbagai macam ukuran.

2. Crwth

Selanjutnya adalah alat musik kuno yang berasal dari bangsa Celtic. Instrument ini sendiri dipercaya telah ada sejak abad ke-11. Alat ini mirip dengan biola, hanya yang membedakan adalah body yang persegi tersebut. Alat musik ini sendiri dimainkan sebagai pengiring musik rakyat Inggris pada abad pertengahan. Cara memainkan musik ini juga serupa dengan biola yaitu dengan digesek. Alat musik ini juga memiliki enam senar. Alat musik ini juga diisi lebih kaya dan terdengar lebih meriah.

3. Didgeridoo

Didgeridoo merupakan alat musik tiup yang berbentuk silinder dan sedikit mengerucut. Alat musik ini memiliki panjang hingga dua meter dan hanya berukuran 120 cm saja. ALat musik ini sendiri diciptakan kurang lebih 1.500 tahun lalu saja. Suara yang dihasilkan musik ini juga berbeda dengan alat musik lainnya yang terdengar khas. Didgeridoo ini juga terbuat dari bahan batang kayu putih dan kayu keras lainnya.

4. Karinding

Berikutnya adalah instrumen tiup tradisional yang dari suku Jawa. Alat musik ini dibuat dari bahan seperti pelepah aren dan juga bambu. ALat musik ini digunakan sebagai musik mengusir hama yang merusak, dahulu suku Jawa yang sering kali menggunakannya. Suara yang dihasilkan musik ini sendiri dihasilkan karinding yang cenderung rendah.

5. Zeusaphone

Dan yang terajgur adakag kumparan tesla yang diubah menjadi output listrik yang dimanipulasi perangkat lunak atau instrumen Midi. Hal ini membuat pemain haris mampu mengontrol nada yang dipancarkan, menciptakan suara synthesizer gelombang persegi yang lo-fi. Zeusaphone pertama kali dikenalkan pada bulan juni tahun 2007 yang dimainkan oleh orang pertama yang bernama Steve Ward, seorang mahasiswa yang berasal dari Amerika. Alat musik ini juga cocok dibawa ke pertunjukkan sebagai bentuk visual yang membuat penonton kagum.

Nah itu dia 5 daftar alat musik terbaik yang memiliki bentuk unik dan berasal dari berbagai destinasi belahan negara yang ada di dunia. Instrumen musik ini juga digunakan oleh setiap suku yang ada di negara baik untuk mengiri sebuah pertunjukan tradisionalnya maupun pertunjukan lainnya. Nah kali ini kalian jadi mengerti jenis-jenis alat musik yang memiliki bentuk unik seperti yang telah kami bahas diatas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *