Indoensia merupakan sebuah negara yang memiliki kebudayaan dan ciri khas seperti tarian, musik, dan juga alat musik tradisional. Bahkan alat musik tradisional di Indonesia ini sudah mendunia. Nah kali ini kami akna mengenalkan ebberapa daftar alat musik instrumental milik Indonesia bahkan kepopulerannya sudah mendunia. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftar lengkapnya berikut ini.

Instrumen Musik Tradisional Asli Milik Indonesia

1. Angklung

Daftar yang pertama ini merupakan sebuah alat musik tradisional asal Jawa Barat yang terbuat dari bahan bambu yang dimainkan dengan dogoyang-goyangkan. Alat musik ini sendiri merupakan alat musik tradisional yang popularitasnya sudah mendunia bahkan penampilannya berhasil memukau di mata negara Perancis dan juga Amerika Serikat. Angklung merupakan alat musik instrumen yang sudah diakui sebagai warisan Indonesia miliknya UNESCO.

2. Sasando

Selanjutnya adalah alat musik tradisional khas tanah rote, Nusa Tenggara Timur yang terbuat dari daun lontar. Dimana laat musik ini berbentuk seperti harpa yang bisa dimainkan dengan cara dipetik layaknya sebuah gitar. Instrumen yang satu ini sudh terkenal semenjak sebuah konser WOW 2013 yang telah diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.

3. Kendang

Berikutnya adalah alat musik tradisional asal Sunda yang seringkali dijumpai dalam mengiringi tarian tradisional, musik jazz dan juga kontemporer. Kendang ini berasal dari Jawa Timur yang bahkan sudah banyak digunakan oleh para musisi Amerika Serikat sebagai alat musik pengiringnya.

4. Gendang

Gendang adalah alat musik tradisional milik Indonesia, yang mana alat musik ini memiliki beragam varian yang ada di Indonesia. Gendang ini merupakan sebuah alat musik asal yogyakarta yang berbeda denagn gendang jenis lainnya, seperti gendang melayu atau Gendang asal Banten. Gendang ini sendiri dimainkan dengan cara dipukul dengan jenis bunyi yang membranofon yang menarik.

5. Gong

Alat musik tradisional asal Jawa Barat merupakan alat musik yang tergolong cukup besar. Dimana alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul yang telah didesain secara khusus. Gong ini sendiri merupakan alat musik yang mampu menghasilkan sebuah suara mnembranofon yang menarik.

6. Gendang Melayu

Daftar yang lainnya adalah gendang yang berasal dari kawasan kepulauan Bangka Belitung yang tentu kental dengan adat Melayunya. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul agar dapat mengeluarkan suara membranfon. Gendang ini juga termasuk dalam komponen penting dalam sebuah musik marawis.

7. Tifa

Berikutnya adalah alat musik tradisional khas maluku dan Papua yang mana memiliki alat musik berbentuk seperti kendang tetapi berbentuk tube. Alat musik ini sendiri dimainkan dengan cara dipukul. Alat instrumental ini sering dihiasi oleh berbagai ukiran yang khas dengan daerah Papua dan juga Maluku. Musik ini dikenal semenjak banyak turis datang ke Maluku dan Papua dengan membawa alat musik ini pulang sebagai oleh-oleh yang menarik.

8. Kolintang

Dan yang terakhir adalah sebuah instrumen yang memiliki bentuk dengan berbagai barisan gong kecil yang ditempatkan secara mendatar. Dimana alat musik ini berasal dari Sulawesi Selatan yang dimainkan dengan diiringinya oleh gong dan juga drum. Alat musik ini sendiri sudah lama dimainkan di negara Melayu, layaknya seperti negara Malaysia dan juga Filiphina.

Nah itu dia beberapa daftar alat musik tradisional asal Indonesia yang mana popularitasnya telah mendunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *