Alat musik sangatlah beragam varian jenisnya dan berbeda-beda fungsinya. Untuk cara memainkan berbagai alat musik juga beragam dan bervarian. Tapi tahukah kalian, terdapat satu alat musik yang merupakan gabungan dari berbagai musik. Bahkan alat ini merupakan gabungan dari 20 instrumen alat musik sekaligus.

Alat musik canggih yang bisa memunculkan nada dari berbagai instrumen ini berhasil diciptakan oleh band ini. Band indie rock asal Ukraina, Brunettes Shoot Blondes ini berhasil menciptakan sebuah alat musik yang super keren dan canggih.

Brunettes Shoot Blondes menggabungkan alat-alat musik seperti drum, biola, tambourin, kastanet, hingga xilofon ke sebuah satu alat musik. Alat musik ini mirip dengan rangka seperti sebuah grand piano. Menariknya lagi, alat musik ini tidak sama sekali membutuhkan listrik sama sekali.

Menurut keterangan salah satu personil dari Brunettes Shoot Blondes, Andrii Kovalov, ide untuk membuat alat musik dengan 20 varian instrumen musik ini bermula dari keyboard yang dia mainkan saat masih anak-anak. Di mana saat dirinya masih berusia kecil, Kovalov memiliki keyboard bermerek Yamaha. Di keyboard ini, kalian bisa mendapatkan semua suara jenis ragam musik. Mulai dari alat musik petik, perkusi, organ, dan xilofon.

Dari sini, Kovalov kemudian terpikir untuk membuat alat serupa dengan dasar grand piano, yang bisa memainkan berbagai macam instrumen musik. Alat musik ini disesuaikan dengan bentuk grand piano, alat tersebut disematkan ke berbagai macam alat musik seperti perkusi (drum, simbal, rebana, marimba), organ, biola, hingga cello. Alat musik ini sendiri dinamakan Piano.

Brunettes Shoot Blondes menggabungkan alat-alat musik seperti drum, biola, tambourin, kastanet, hingga xilofon ke sebuah satu alat musik.

Alat Musik Instrumen Piano yang Wajib Kalian Ketahui

Piano merupakan salah satu instrumen musik yang diklasifikasikan sebagai instrumen perkusi yang dimainkan dengan menekan tuts pada piano. Di mana setiap tus tersambung ke hammer yang terdapat dalam piano dan menekan senar di dalamnya, sehingga dapat menghasilkan bunyi suara. Setiap senar memiliki panjang yang berbeda serta bunyi yang dihasilkan pun berbeda. Tahukah kalian, piano sendiri memiliki berbagai jenis piano yang berbeda-beda, antara lain:

1. Elektronik dan Digital

Piano Elektronik merupakan salah satu jenis alat musik penyintesis yang menggunakna osilator serta filter untuk menyimulasikan suara piano akustik. Piano ini juga membutuhakan pengeras suara untuk dapat menghasilkan bunyi. Dan untuk piano digital merupakan teknologi pengambilan sampel secara digital untuk dapat menghasilkan suara yang identik dengan piano akustik. Sama halnya dengan piano elektronik, piano digital juga memerlukan pengeras suara atau dengan menggunakan penyuara jemala.

2. Grand

Selanjutnya adalah piano grand, yang di mana senarnya diposisikan secara horizontal memanjang dari tuts. Bunyi yang dihasilkan oleh senar yang dipukul keatas oleh hammer dan memanfaatkan gaya tarik bumi ini untuk mengembalikan hammer pada posisi semula. Senar yang lebih panjang akan menghasilkan suara atau bunyi yang lebih keras dan natural.

3. Upright

Dan yang terakhir adalah sebuah piano yang sering kali deisebut sebagai piano vertikal. Jenis piano yang satu ini lebih praktis dibandingkan piano grand. Hanya saja untuk suara pada piano ini menyebabkan suara tidak natural serta kurang keras, dan sempitnya ruang bagi gelombang bunyi untuk beresonansi.

Itu dia 4 tipe jenis piano yang wajib kalian ketahui. Sekian informasi seputar instrumen piano ini, semoga membantu menambah wawasan serta pengetahuan kalian ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *