Dream Theater merupakan salah satu grup progressive metal terkemuka di dunia saat ini. Sedikit dari band yang anggotanya merupakan seorang musisi dengan skill bermusik jauh di atas rata-rata. Band metal progresif ini sangat berpengaruh di dunia. Band ini juga terkenal dengan kemampuan teknis instrumentalisnya yang telah memenangkan beragam penghargaan musik maupun dunia. Untuk kalian yang belu begitu mengetahui band satu ini, kita akan membahas beberapa hal yang akan memperkenalkan band dream theater ini. Penasaran? Yuk, langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

5 Hal  Seputar Dream Theater

1.Musisi yang Memiliki Skill Akrobatik

Aksi dari pada penampilan Dream Theater selalu memukau, yang mampu menyajikan orkestra cepat dengan teknik instrumen akrobatik. Band ini memilik empat musisi yang mampu berkolaborasi secara komplit dengan dukungan vokal James LaBrie yang memiliki jangkauan vokal yang lebar, meskipun dalam beberapa lagu lebih dominan suara yang melengking setipe vokalis Iron Maiden, dan Bruce Dickinson.

2.Komposisi Aransemen Musik yang Rumit

Band metal yang memiliki kualitas live sama dengan rekaman studio, salah satunya adalah Dream Theater. Para personil mereka tidak jarang memberi kejutan melalui improvisasi yang tidak pernah ada di album. Mereka juga senang sekali menggabungkan berbagai genre musik, seperti jazz, blues, metal, dan rock ke dlam sebuah aransemen musik yang rapi dan teratur. Tidak hanya itu, Dream Theater juga dikenal memiliki komposisi musik yang rumit dan dimainkan dengan teknik yang sulit, nada-nada miring, serta tembo yang berubah-ubah dan menggantung.

3.Album sepanjang masa Images and Words

Dream Theater adalah salah satu band metal yang produktif hingga saat ini, meski industri musik saat ini tidak berpihak dengan genre yang berjaya dekade tahun 1970 sampai dengan tahun 1990. Mereka juga sudah menghasilkan 13 album studio yang rata-rata produksi dua tahun sekali. Band ini sendiri telah menciptakan 13 album studio dengan rata-rata produksi dua tahun sekali. Dan album bernama Images and Windows (1992) menjadi yang paling monumental, karena dapat melambungkan Dream Theater pada jagad metal progresif, serta menandai tour pertama band dalam karier musik tersebut.

4.Lagu-lagu yang Panjang

Dalam penulisan lagu, band ini layaknya sedang bercerita dalam sebuah lirik yang panjang. Mereka memperoleh inspirasi dalam menulis melalui kejadian sehari-hari, persoalan cinta segitiga, pergolakan politik, perang, krisis moneter, serta gangguan mental. Band ini biasa membuat lagu dengan durasi belasan menit, seperti Learning to Live, Home, dan Endless Sacrifice. Bahkan ada beberapa lagu yang lebih panjang lagi, yakni Illumination Theory berdurasi 22 menit, Octavarium 24 menit, dan Six Degrees of Inner Turbulence 42 menit yang terdiri dari 8 bagian. Selain itu, Dream Theater juga memiliki porsi instrumen yang panjang. Bahkan ada lagu yang hanya menyajikan instrumen tanpa vokal saja.

5.Dua Drummer Kelas Dunia

Dan yang terakhir adaalah Dream Theater memiliki dua drummer kelas dunia, yaitu Mike Portnoy atau Mike Mangini. Permainan drummer dua orang yang ada di band ini memberikan kontribusi yang penting. Di mana gaya bermainnya telah mengembalikan karakter progresif Dream Theater yang lebih menuju ke heavy metal.

Itu dia 5 hal band dream theater yang harus kalian ketahui. Band ini memberikan berbagai kemampuan menarik yang membuat kita teringat dengan kehebatan band legendaris ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *