Instrumen Alat Musik

Musik sudah lama sekali hadir di di dunia. Seiring berjalannya waktu, musik terus berkembang dan bahkan menjadi salah satu cabang seni.

Alat-lata musik awanya berasal dari benda-benda sederhana seperti tangan, kaki, kayu, dan batu. Benda-benda tersebut lalu berkembang menjadi alat-alat musik perkusi yang sederhana.

Seiring perkembangannya, alat-alat musi yang awalnya dibuat dengan sederhana dan serba manual kini telah hadir dengan beragam inovasi alat-alat musik modern yang popular.

4 Instrumen Alat Musik Untuk Kamu Yang Baru Nge-Band

Nah, salah satu pementasan musik yang modern sekarang ini adalah Band. Band juga seringkali dijadikan sebagai favorit para pecinta musik.

Banyak juga anak muda yang bahkan sudah membuat band nya sendiri. Mereka biasanya mengumpulkan orang-orang yang senang bermain musik dengan satu penyanyi.

Untuk kalian yang baru saja ingin membuat sebuah band, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, salah satunya adalah alat musik yang akan digunakan ketika nge-band.

Karena itu, dibawah ini kami berikan 4 alat musik yang wajib ada jika kalian ingin nge band bersama teman-teman kalian.

1.Gitar Akustik

Gitar umumnya terbuat dari kayu dengan beberapa bagian yang terbuat dari logam atau metal. Senar-senar nya berjumlah enam dan dikaitkan pada pegs atau pemutar senar sepanjang badan gitar.

Bagian peg juga berguna untuk tuning. Gitar akustik memiliki badan yang berlubang dan dapat menghasilkan suara yang relative keras tanpa penguatan elektrik.

Bunyi yang dihasilkan dari getaran yang mengalir antara tulang leher (nut) dan jembatan (bridge) yang kemudian diperkuat oleh bagian badan gitar yang berperan sebagai lubang resonasi.

Ada beberapa kategori gitar akustik, yaitu:

  • Gitar senar-nilon, termasuk gitar klasik dan gitar flamenco
  • Gitar senar-baja, termasuk gitar puncak-datar dan gitar folk
  • Gitar archtop
  • Gitar duabelas-senar

2.Gitar Bass

Gitar bass eletrik atau gitar bass merupakan jenis alat musik dawai seperti gitar. Namun, umumnya gitar bass memiliki leher yang lebih panjang dan hanya memiliki empat senar yang lebih tebal untuk menjaga kerendahan bunyi.

Bobot gitar bass sendiri juga lebih berat dibandingkan gitar elektrik karena, selain memiliki senar yang tebal, badan gitar bass juga harus menggunakan bahan kayu yang lebih padat dank eras untuk mengimbangi leher gitar yang panjang.

3.Drum Kit

Awalnya, drum merupakan kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah alat pemukul.

Drum juga dibuat dari bahan lain seperti plastic sebagai pengganti kulit. Alat-alat musik yang termasuk dalam kelompo drum ini misalnya kendang, timpani, dan tom tom.

Sekarang ini, pengertian drum lebih mengacu pada drum kit atau drum set yang berupa alat musik pukul yang merupakan kumpulan alat-alat musik perkusi.

4.Keyboard

Keyboard adalah alat musik yang menyerupai piano. Namun, keyboard tak memiliki pedal di bawahnya. Keyboard juga memiliki bentuk yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Keyboard dimainkan menggunakan sepuluh jari dengan menekan tuts sesuai nada yang dimainkan. Kord untuk mengiri lagu biasanya berada di bagain kiri dan dimainkan dengan jari-jari tangah kiri sementara tangan kanan untuk memainkan melodi.

Itulah 4 alat musik dasar yang harus kalian miliki untuk membuat sebuah band kecil. Tentu saja semua ini juga dilengkapi dengan seorang vokalis yang menambah indah band kalian. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *